Mengenal Motherboard pada Komputer Lebih Dekat

Komputer adalah satu sistem yang terdiri banyak macam komponen yang saling terhubung dengan lainnya. Sebut saja monitor, CPU, mouse, keyboard, RAM, hard disk, media penyimpanan dan masih banyak lainnya. Jika salah satu komponen ini mengalami masalah maka sudah dapat dipastikan jika penggunaan komputer itu sendiri mengalami gangguan. Disini, akan dijelaskan secara detail tentang masing masing komponen dan diharapkan akan menambah pengetahuan Anda.  

Motherboard adalah salah satu perangkat yang cukup penting dalam menghubungkan beberapa komponen menjadi satu sistem yang utuh. Adapun motherboard ini memiliki fungsi utama yaitu menyusun sistem yang ada pada komputer seperti CPU, memori RAM, Display, fungsi I/O hingga media penyimpanan dan masih banyak lagi.  Motherboard ini sendiri sangat tergantung dari platform prosessor yang digunakan.  

Bagian dari Motherboard 

Soket CPU 

Soket adalah tempat untuk melakukan instalasi atau pemasangan prosesor. Selain itu, digunakan juga untuk acuan untuk memasang perangkat pendingin prosesor seperti HSF (Heat Sink Fan). Biasanya, soket dalam motherboard ini akan menyesuaikan dengan platform serta teknologi prosesor yang nantinya akan digunakan.  

VRM (Voltage Regulator Module) 

Disamping Soket prosesor ada banyak modul elektronik yang terpasang. Nah, itulah yang disebut dengan Voltage Regulator Module (VRM) yang fungsinya untuk mengatur tegangan listrik pada prosesor.  

Chipset 

Adalah perangkat yang mampu mengintegrasikan banyak komponen penting dalam motherboard. Chipset ini sendiri akan membantu prosesor untuk bisa mengatur komponen lain dalam motherboard sehingga semua komponen tersebut bisa saling bekerja dengan baik. Selain itu, fungsi lainnya adalah mengatur fitur yang ada pada motherboard seperti misalnya jumlah slot ekspansi dan konektor hingga kecepatan maksimal memori.  

BIOS 

Yaitu Basic Input Output System adalah salah satu komponen kecil yang mampu mengendalikan sistem komputer. BIOS ini sendiri berfungsi untuk memeriksa seluruh komponen yang ada pada komputer saat sistem dijalankan.  

Slot Memori 

Komputer akan bekerja maksimal jika menggunakan memori yang tepat. Nah, Motherboard ini berperan penting dalam menyediakan tempat untuk menginstal memori RAM. Biasanya, jenis memori yang digunakan adalah memori DDR (Dual Data Rate) RAM. Untuk modelnya sendiri berbeda seperti pada komputer akan menggunakan DDR DIMM, sementara untuk laptop menggunakan DDR SODIMM 

Slot Periferal 

Dengan perkembangan teknologi yang kian pesat membuat komputer banyak digunakan oleh berbagai profesi. Hal ini disebabkan motherboard menyediakan slot periferal yang fungsinya untuk menambah perangkat agar kemampuan komputer tersebut semakin maksimal. Komponen ini sendiri bisa dipasang untuk perangkat tambahan yang sesuai dengan kebutuhan seperti NEC, Modem, VGA Card, Sound Card dan lainnya yang memiliki fungsi khusus.  

Panel I/O 

Panel I/O adalah bagian dari motherboard yang berada di belakang casing sistem komputer yang berfungsi untuk menghubungkan sistem dengan perangkat masukan seperti mouse dan keyboard. Kemudian, perangkat keluaran seperti monitor dan perangkat lainnya seperti USB. 

Konektor internal 

Ada banyak konektor internal yang memiliki fungsi untuk terhubung dengan perangkat vital lainnya. Sebut saja sebagai penghubung daya utama, penambahan daya tambahan, daya kipas pendingin untuk prosesor dan bisa disambungkan dengan media penyimpanan seperti hard disk, SSD atau perangkat optik lainnya.  

Demikianlah penjelasan mengenai komponen apa saja yang ada pada motherboard dimana harga untuk masing masing motherboard sangat bervariasi. Beberapa produsen terkenal membandrol dengan harga tinggi dikarenakan fitur yang ada pada motherboard memang memiliki kemampuan maksimal. Jadi, tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dana pastinya.  

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *