Kiat Memilih Jenis Motherboard yang Tepat

Bagi Anda yang ingin mencari motherboard yang sesuai dengan kebutuhan , maka Anda akan mendapatkan penjelasan begitu detail di artikel ini. Kita tahu bahwa motherboard adalah media untuk semua komponen PC agar bisa bekerja maksimal. Jika ada salah satu hardware yang tidak terkoneksi dengan motherboard maka dapat dipastikan jika perangkat tersebut tidak bisa digunakan. Jadi, jangan sampai salah pilih ya! 

CPU bisa dipasang pada motherboard yang memang sudah sesuai dengan spesifikasinya. Artinya, jika CPU dengan merk A bisa saja tidak dapat dipakai untuk komputer yang memang harus menggunakan CPU merk B.  

Tips Memilih Jenis Motherboard yang Tepat untuk Komputer 

Di pasaran sendiri cukup banyak varian produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Begitu juga dengan banyaknya merek terkenal dengan masing masing fitur tersendiri pastinya.  

Hal penting dalam memilih motherboard adalah kemampuannya dalam mewadahi banyak komponen di PC. Jika semakin banyak maka akan semakin baguslah motherboard tersebut. Untuk itu, mengedukasi diri terlebih dahulu tentang hal apa saja yang harus diperhatikan adalah ide yang tepat.  

Memastikan CPU didukung soket yang ada pada motherboard 

Hal utama dalam memilih motherboard adalah memastikan apakah soket CPU sudah sesuai dengan jenis komputer yang akan digunakan. Jika tidak, maka sudah dapat dipastikan jika sistem yang ada pada komputer tidak akan bisa dihidupkan. Itu sebabnya, pastikan soket yang dipakai harus kompatibel dengan CPU yang akan dipasang nantinya.  

Untuk mengetahui apakah soket CPU sesuai atau tidak caranya mudah yaitu tinggal mencari di label spesifikasi. Biasanya, penjelasan singkat akan diberikan pada kemasan, buku manual atau dengan mengunjungi situs resmi mereka. Atau, bisa juga dalam motherboard itu sendiri yang biasanya akan memberikan rekomendasi jenis soket yang bisa digunakan.  

Menyesuaikan dengan penggunaan chipset 

Identitas utama dari sebuah motherboard ini menyediakan banyak fitur serta penyimpanan yang canggih.  Chipset ini sendiri menyesuaikan dengan soket CPU dimana satu soket CPU biasanya akan mendukung jenis chipset yang berbeda beda. Biasanya, jenis chipset ini dikelompokkan ke beberapa bagian mulai dari kelas rendah, kelas menengah hingga kelas atas atau khusus. Jadi, sesuaikan dengan CPU agar komputer bisa bekerja maksimal. 

Memastikan jika casenya cocok  

Tidak sedikit pengguna komputer itu yang kurang tanggap dengan faktor ini. Mereka hanya cenderung fokus pada spesifikasi yang ditawarkan tanpa memikirkan apakah ukuran motherboard sesuai dengan casenya. Untuk itu, sangat disarankan agar memilih motherboard yang sesuai dengan case atau bisa juga sebaliknya. Tentukan dulu motherboardnya dimana nantinya case akan disesuaikan. Biasanya, jenis komputer ini adalah model rakitan.  

Memastikan fitur yang sesuai dengan kebutuhan 

Banyaknya model motherboard yang ditawarkan dipasaran tentu memberikan spesifikasi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Masing masing memberikan klaim bahwa fitur mereka terbaik dan mumpuni. Bahkan, tidak sedikit juga yang menawarkan fitur tambahan untuk menarik pembeli.  

Kalau sudah begini, pastikan Anda memahami fitur apa saja yang ditawarkan oleh merek tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan dan anggaran dana atau tidak. Kemudian, apakah fitur tersebut mampu menunjang aktifitas pengguna karena bisa saja motherboard yang canggih tidak memberi dampak jika hanya digunakan untuk tugas administrasi saja. 

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk memilih motherboard yang sesuai dengan kebutuhan. Meski hanya beberapa penjelasan yang diberikan namun setidaknya Anda bisa menentukan pilihan dengan tepat.  

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *