Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Satu hal yang paling men yebalkan saat menggunakan komputer adalah jika tiba tiba terjadi masalah. Meski kita tahu bahwa komputer adalah salah satu alat yang memang tidak bisa dipisahkan dari yang namanya error, delay, hang atau crash bahkan yang fatal sekalipun seperti mati tiba tiba. Tentu ini kondisi yang tidak diinginkan bukan?  

Adapun permasalahan sistem yang restart sendiri secara tiba tiba menjadi satu momok yang cukup menakutkan. Apalagi, jika saat pengerjaan semua dokumen belum disimpan sehingga menambah emosi pastinya. Nah, situasi ini bisa terjadi dikarenakan komputer mengalami crash atau error sehingga menampilkan BSOD (Blue Screen of Dead) atau banyak yang lebih mengenal dengan sebutan “layar biru”. Adapun BSOD ini berisikan informasi tentang banyak hal terutama mengenai komponen yang mengalami masalah. Nah, setelah mekanisme BSOD maka komputer akan mengalami restart tiba tiba.  

Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan dua faktor yaitu masalah pada software dan hardware. Untuk itu, diartikel ini akan dibahas seputar cara mengatasinya dengan mudah dan diharapkan Anda tidak panik dulu.  

Sebagai langkah awal maka sebaiknya Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab dari komputer mengalami restart sendiri. Kita tahu bahwa yang dimaksud dengan restart adalah salah satu sistem pertahanan yang secara otomatis akan digunakan jika komputer mengalami masalah. Biasanya, BSOD ini akan terjadi jika ada interupsi yang terjadi pada proses vital tersebut.  

Seperti dijelaskan tadi bahwa ada dua faktor yang menjadi penyebabnya yaitu software dan hardware. Nah, jika faktor software biasanya dikarenakan oleh file penting dalam sistem operasi hilang atau tidak bisa diakses. Kemudian, ada driver yang tidak kompatibel, kemudian ada virus hingga aplikasi yang crash.  

Sementara itu, untuk faktor hardware maka biasanya terjadi karena processor terlalu panas, daya listrik mengalami penurunan tiba tiba, memori RAM yang crash hingga ada satu atau beberapa komponen hardware yang tidak bisa bekerja maksimal. 

Solusi atasi masalah komputer saat restart sendiri  

Jika Anda mengalami masalah ini saat menjalankan satu atau beberapa aplikasi maka yang harus dilakukan adalah memastikan jika aplikasi tersebut kompatibel dengan sistem yang digunakan. Jangan lupa untuk menginstal aplikasi pendukung yang memang dibutuhkan dan memastikan jika aplikasi tersebut asli. Gunakan pengaturan aplikasi yanng sesuai dengan sistem yang ada bahkan bila perlu lakukan instal ulang dengan versi terbaru.  

Untuk cara kedua Anda harus memastikan driver yang digunakan sesuai dengan perangkat. Adapun yang dimaksud dengan driver disini adalah satu sistem yang menghubungkan antara sistem operasi dan aplikasi. Jika driver ini mengalami masalah maka akan ada beberapa bagian software atau bisa juga hardware yang tidak bisa bekerja secara maksimal. Itu sebabnya, Anda harus memastikan jika perangkat hardware serta platformnya harus disesuaikan.  

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan scan dengan menggunakan antivirus yang terbaru. Mengapa? Virus atau malware yang ada pada komputer bisa menyebabkan komputer mengalami restart tiba tiba bahkan cenderung terus menerus. Untuk itu, pastikan Anda melakukan scan agar performa komputer bisa berjalan maksimal.  

Terakhir, jika perlu lakukan instal ulang sistem operasi agar Anda bisa menggunakan komputer tanpa mengalami kendala restart tiba tiba. Hanya saja, pastikan jika jasa yang Anda gunakan memang benar benar berpengalaman agar waktu dan tenaga Anda tidak terbuang percuma. Atau, jika Anda sendiri mampu mengerjakannya mengapa tidak dilakukan?  

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *